Sonny Silooy, Pemain Berdarah Maluku yang Antarkan Ajax Raih Liga Champions

Nama Sonny Silooy mungkin tidak terlalu familiar di telinga pecinta sepakbola saat ini. Tapi tidak bagi fans Ajax Amsterdam. Silooy ialah legenda bagi mereka. Pemain yang bisa ditempatkan sebagai full back kiri dan centre back ini pada 1995 silam ia sukses mengantarkan Ajax meraih juara Liga Champions. 

Tidak itu saja seperti dikutip dari data uefa.com (05/02/18) Silooy jadi bagian saat Ajax meraih titel Piala Super UEFA pada 1996. Silooy sendiri ternyata pemain Timnas Belanda yang memiliki darah Maluku, Indonesia. 


"Bapak saya lahir di Ambon, saya lahir di Roterdam. Semua saudara saya, keponakan, paman, mereka suka berlibur ke Ambon dan masih ada saudara di sana," kata Silooy seperti dikutip dari voaindonesia.com (05/02/18). 

Data dari transfermarkt.com (05/02/18) Silooy telah bermain sebanyak 305 caps bersama Ajax dan sempat juga merasakan dilatih oleh pelatih besar Belanda, Johan Cruyff. Setelah memutuskan pensiun sebagai pemain bagaimana nasibnya saat ini? 

Silooy sendiri memutuskan melanjutkan karier sebagai pelatih. Ia kemudian menangani tim muda Ajax. Pada 2010 lalu, Silooy sempat menjadi pelatih kepala untuk Dayton Dutch Lions, salah satu cabang klub Ajax di Ohio Amerika Serikat. Laporan dari voaindonesia.com (05/02/18) pada 2013 lalu ia diangkat menjadi direkut pengembang bakat muda di salah satu klub MLS, DC United. 
Share on Google Plus

About P I

“Semua yg terjadi di bawah kolong langit, adalah urusan setiap orang yg berpikir” -PAT-
    Blogger Comment
    Facebook Comment