Rusia Bakal Ikuti Negara-negara Gagal yang Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Sejak pertama kali diselenggarakan pada 1930 di Uruguay, FIFA telah menunjuk 20 negara sebagai tuan rumah event terbesar sejagat, Piala Dunia. Di edisi ke-21 nanti, Piala Dunia akan berlangsung di salah satu negara terbesar di dunia, Rusia. 

Di sejumlah laporan terbaru, Rusia dikabarkan telah sangat siap untuk menjamu 31 negara yang ikut di turnamen yang bakal berlangsung pada 14 Juni hingga 15 Juli 2018 mendatang. Sebagai tuan rumah, Rusia tentu tidak hanya sekedar memikirkan bagaimana caranya menjadi tuan rumah yang baik namun juga bagaimana prestasi timnas mereka yang tidak hanya sekedar numpang lewat. 

Sepanjang penyelenggaraannya, sejumlah negara memang bisa dikatakan gagal sebagai tuan rumah karena kiprah timnas mereka. Negara pertama yang gagal sebagai tuan rumah Piala Dunia ialah Swiss yang jadi penyelenggara di 1954 silam. 


Swiss kala itu memang mampu lolos dari babak kualifikasi grup, namun di babak perempatfinal, Swiss tak berdaya menghadapi Austria dan kalah dengan skor cukup telak 7-5. Dikutip dari fifa.com (27/03/18) melajunya Swiss di babak kualifikasi grup 4 juga tak lepas dari faktor keberuntungan. Pasalnya Swiss dan Italia yang satu grup saat itu sama-sama mengantongi poin 2 hasil dari 1 kali menang dan 1 kali imbang. 

Karena saat itu belum diterapkan sistem agregat gol, maka kedua tim bertemu di babak play off. Di babak ini Swiss mampu kalahkan Italia dengan skor 4-1. Tuan rumah berikutnya yang tak mampu berbuat banyak ialah Meksiko. 

Menjadi tuan rumah di Piala Dunia 1970, Meksiko juga mengikuti jejak Swiss yang hanya mampu melaju sampai babak perempatfinal. Bertemu Italia, Meksiko tak mampu berbuat banyak dan kalah telak 4-1. Selanjutnya ada Spanyol di Piala Dunia 1982 yang gagal lolos di babak kualifikasi kedua dengan sistem round robin. 

Masih dikuitp dari data fifa.com (27/03/18) Spanyol yang di babak kualifikasi pertama sudah terseok-seok hingga jadi runner up grup 5 di bawah Irlandia Utara kemudian hancur lebur saat bertemu Jerman Barat dan Inggris di grup B. Spanyol berada di peringkat buncit dengan hanya mengantongi 1 poin. 

Lalu ada Amerika Serikat di Piala Dunia 1994 dan Afrika Selatan di Piala Dunia 2010. Kedua negara ini sama-sama tak mampu lolos dari babak kualifikasi karena hanya menduduki peringkat ketiga dari empat tim yang ada. 

Melihat perfomance Rusia utamanya pasca dihancurkan Brasil dengan tiga gol tanpa balas pada akhir pekan lalu bukan tidak mungkin tim besutan Stanislav Cherchesov juga akan mengalami kegagalan sebagai tuan rumah. 

Ditambah jika merujuk pada skuat Rusia saat ini, Tim Beruang Merah itu sepertinya akan sangat kesulitan jika harus bertemu dengan Mesir dan Uruguay. 
Share on Google Plus

About P I

“Semua yg terjadi di bawah kolong langit, adalah urusan setiap orang yg berpikir” -PAT-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 Comments:

Post a Comment