Rekam Jejak Nuklir Korea Utara, Jenis Terbaru Bisa Ganggu Kedamaian Dunia

Awal Maret ini salah satu negara tertutup di dunia, Korea Utara tengah jadi sorotan dunia karena program nuklirnya yang dianggap bisa mengganggu perdamaian dunia. Dikutip dari reuters.com (25/03/18) pejabat Korea Utara sendiri menyebut bahwa negara mereka akan terus program nuklir terbaru mereka. 

Program nuklir terbaru Korea Utara ini bahkan membuat sejumlah negara di Eropa khawatir. Salah satu anggota dewan di Jerman, Ole Diehl seperti dikutip dari washingtonpost.com (25/03/18) menyebut bahwa program nuklir terbaru ini bisa mencapai ke Eropa tengah. 


Korut sendiri sepanjang sejarahnya memang acapkali mengembangkan program nuklir terbaru yang membuat negara lain ketar-ketir. Seperti apa sebenarnya program nuklir Korut dari zaman ke zaman? Berikut ulasannya: 

Korut baru pada 1950 mengembangkan program nuklir. Saat itu pemerintah Korut mengembangkan progrm nuklir dengan alasan untuk sumber energi. Namun pada 1969, inteljen China menyebut bahwa program nuklir sebagai sumber energi di Korut hanyalah kedok semata untuk program senjata nuklir. 

Setelah didesak sejumlah negara, Korut pada 1974 akhirnya bergabung dengan Badan Energi Atom yang anggotanya ialah negara-negara yang memiliki sumber daya nuklir. Sejak saat itu, IAEA memiliki akses untuk bisa masuk ke Korut dalam rangka memeriksa program nuklir yang disebut Amerika Serikat sebagai negara Poros Setan. 

Meski sudah cukup lama mengembangkan program nuklir, baru pada 1986 Korut mengumumkan ke publik bahwa mereka baru memiliki satu reaktor nuklir bernama reaktor nuklir Yongbyon. Kabarnya di reaktor tersebut memiliki fasilitas pengayaan uranium yang dapat di produksi menjadi plutonium untuk menjadi senjata nuklir. 

Dikutip dari data telegraph.co.uk (25/03/18) setelah cukup lama dicurigai bahwa Korut memiliki senjata nuklir baru pada Februari 2015 mereka mengakui memiliki senjata nuklir dan sejak saat itu Korut menolak melakukan perundingan dengan lembaga nuklir dunia ataupun negara lain. 

Beberapa bulan setelah pengakuan memiliki senjata nuklir, Presiden Korut Kim Jong-un berhasil menciptakan bom hidrogen. Meski tidak semua dunia mengakui soal keberhasilan Korut itu, pengumuman tersebut membuat dunia bergidik ketakutan. 

September 2016, Korut melakukan uji coba nuklir kelima mereka dan kabarnya dalam uji coba tersebut Korut berhasil membuat gempa buatan berkuatan 5.3 skala richter di dekat situs nuklir utama Korut. 

Share on Google Plus

About P I

“Semua yg terjadi di bawah kolong langit, adalah urusan setiap orang yg berpikir” -PAT-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 Comments:

Post a Comment