Prediksi Portugal vs Spanyol: Saatnya Ronaldo dan Ramos Saling 'Pukul'

Usai laga pembuka antara tuan rumah Rusia vs Arab Saudi di Piala Dunia 2018, big match bakal tersaji di hari kedua, Jumat 15 Juni 2018. Portugal akan menjamu Spanyol di laga kedua grup B yang berlangsung di Fisht Olympic Stadium, Sochi. 

Kemenangan tentu jadi harga mati bagi kedua tim. Dari kubu Portugal, sosok Cristiano Ronaldo bakal jadi andalan untuk merobek gawang Spanyol yang di jaga oleh David de Gea. Ronaldo tentu memiliki keunggulan untuk urusan membaca gaya permainan Spanyol. 


Pertarungan Ronaldo dengan skuat Spanyol tentu sangat menarik. Publik tentu bakal menunggu bagaimana Ronaldo mampu melewati rekannya, Sergio Ramos yang bakal jadi tembok pertahanan Spanyol. 

Strategi yang Digunakan Portugal 

Dari lima laga terakhir Portugal, tim besutan Fernando Santos ini acapkali gunakan formasi 4-3-3 dengan tentu saja Ronaldo sebagai sayap berdampingan dengan Guedes dan Gomes sebagai ujung tombak. 

Sayangnya pada uji coba terakhir melawan Belgia, formasi ini mentah. Dikutip dari whoscored.com (11/06/18) Belgia mampu menahan imbang tanpa gol Portugal. 

Agresifitas formasi 4-3-3 miliki Portugal kembali muncul saat menghancurkan Aljazair pada uji coba terakhir mereka sebelum tampil di Rusia. 

Yang bakal jadi pekerjaan rumah untuk Spanyol saat melawan Portugal tentu saja mematikan skema serangan yang besar kemungkinan bakal tercipta dari sisi kanan. 

Pada sisi tersebut, Portugal memiliki 3 pemain dengan agresifitas sangat bagus. Raphael Guerreiro sebagai full back kanan menopang permainan dari Bernando Silva serta Ronaldo di depan. 

Strategi yang digunakan Spanyol 

Minus Alvaro Morata di lini depan yang tak dipanggil, praktis Spanyol hanya akan mengandalkan kekuataan lini tengah mereka. Sayangnya Julen Lopetegui harus sedikit mengoreksi formasinya jika ingin mengandalkan lini tengah sebagai kekuatan mereka, pasalnya taktik Spanyol mudah terbaca lawan. 

Spanyol diprediksi bakal menggunakan formasi 4-3-2-1 dengan Diego Costa sebagai ujung tombak. Striker antagonis yang memiliki perangi tak terlalu baik ini diharapkan mampu membuat masalah di lini belakang Portugal yang memang terbilang tidak terlalu kuat.. 

David Silva dan Isco bakal jadi penopang skema serangan dengan Busquets dan Iniesta sebagai katalisator lini tengah serta ada Thiago Alcantara sebagai gelandang pengakut air. Mematikan Portugal sebenarnya hal cukup mudah bagi Spanyol. 

Mem-pressing Ronaldo sudah membuat Portugal mati kutu. Tugas itu tentu bisa dibebankan kepada Busquets yang sangat hafal dengan gaya main Ronaldo. Sementara Sergio Ramos bisa jadi tokoh antagonis lain dengan merusak permainan Portugal dengan cara-cara seperti yang ia tunjukkan di final Liga Champions saat melawan Liverpool. 

Share on Google Plus

About P I

“Semua yg terjadi di bawah kolong langit, adalah urusan setiap orang yg berpikir” -PAT-
    Blogger Comment
    Facebook Comment