Piala Dunia 2018 Sangat Rentan Serangan Teroris, Apa Penyebabnya?

Piala Dunia 2018 tinggal hitungan hari. Dikutip dari fifa.com (15/05/18) perhelatan Piala Dunia 2018 bakal berlangsung pada 14 Juni hingga 15 Juli 2018 di Rusia. Segala persiapan kabarnya sudah di tahap penyelesaian akhir, termasuk soal keamanan. 

Pihak Rusia memang memprioritaskan urusan keamanan di perhelatan Piala Dunia ini pasalnya jauh-jauh hari potensi untuk event empat tahunan ini diserang oleh teroris cukup besar. 

Dikutip dari theguardian.com (15/05/18) kelompok teroris ISIS sudah jauh-jauh hari memberi ancaman bahwa mereka akan menyerang perhelatan Piala Dunia 2018. 


Sejumlah media propaganda ISIS sudah menyebarkan pelbagai ancaman penyerangan. Bahkan Presiden Rusia, Vladimir Putin secara terang-terangan mengatakan bahwa ia mendapat informasi soal adanya kelompok yang bakal menyerang Rusia di Piala Dunia 2018. 

Penyebab Rusia jadi sasaran teror 

Pertanyaannya mengapa Piala Dunia 2018 jadi sasaran teror ISIS? Dikutip dari mirror.co.uk (15/05/18) hal ini dikarenakan kebijakan politik Rusia untuk kasus di Suriah. 

Pihak ISIS yang terlibat di konflik Suriah meyakini bahwa pemerintahan Putin berada di belakang pemerintah Bashar al-Assad yang ingin digulingkan oleh pihak ISIS. 

Rusia sendiri di beberapa kesempatan memang mengirimkan bala bantuan militer ke pemerintah Suriah untuk memerangi ISIS. Pada April 2018 lalu misalnya, Rusia mengirimkan sistem pertahanan udara S-300 ke Suriah. 

Media sosial alat propaganda 

Beberapa waktu lalu publik tentu masih ingat dengan menyebarnya sebuah poster ancaman dari kelompok ISIS kepada sejumlah pemain top dunia mulai dari Messi hingga Neymar. 

Media sosial memang dijadikan alat untuk kelompok teroris untuk menyebarkan ketatukan. Beberapa akun di media sosial baik di Twitter ataupun Instagram menyuarakan bahwa perhelatan Piala Dunia di Rusia adalah Piala Dunia Perang. 

Akun Twiiter @RUSSIAWARCUP misalnya. Akun ini menshare sejumlah postingan yang berisi tuduhan bahwa pihak pemerintah Rusia berada di balik kehancuran negara Suriah.  

Di akun ini ada sebuah video pendek berdurasi kurang dari 2 menit yang berjudul '#Russia_war_cup_2018 Filled With Syrian Blood' 

Di dalam video singkat tersebut berisi campuran video perang di Suriah dengan potongan video sejumalh pesepakbola top Eropa seperti Cristiano Ronaldo, Messi, tengah bermain bola. 
Share on Google Plus

About P I

“Semua yg terjadi di bawah kolong langit, adalah urusan setiap orang yg berpikir” -PAT-
    Blogger Comment
    Facebook Comment