Pele si Legenda Brasil dan Rekam Jejak Kontroversialnya


Siapa pemain terbaik sejagat sepanjang masa? Jika ukurannya gol dan torehan mengangkat Piala Dunia, pemain satu ini layak untuk disebut, siapa lagi jika bukan Edson Arantes do Nascimento alias Pele. Sebagai seorang striker, Pele ialah bomber ganas yang torehan golnya tidak akan mampu disaingi oleh dua megabintang sepakbola saat ini, Ronaldo ataupun Messi. 

Dikutip dari fifa.com (15/05/18) selama bermain sepakbola baik di level klub ataupun Timnas, Pele mampu mencetak 1283 gol. Untuk level Timnas, Pele sejak membela Brasil sejak 1957 hingga 1971 mampu mencetak 77 gol. 

Di level Timnas juga nama Pele tentu lebih dibanding legenda Argentina, Maradona. Pele mampu antarkan Brasil juara Piala Dunia sebanyak 3 kali yakni di edisi Piala Dunia 1958, 1962 dan 1970. 


Sayang Pele tak pernah mencicipi karier di sepakola Eropa. Setelah bersinar bersama Santos, Pele pada 1975 malah memilih untuk bermain di Liga Amerika Serikat bersama New York Cosmos. Pada 1977, Pele memutuskan untuk gantung sepatu setelah bermain 56 caps di MLS. 

Berbeda dari kebanyakan pemain yang setelah gantung sepatu alih profesi sebagai pelatih, Pele justru menikmati hidup di masa tuanya. Selain dengan prestasi Pele dikenal publik juga memiliki rekam jejak kontroversial. 

Utamanya soal pandangan politik serta kehidupan pribadinya. Di pandangan politik, Pele sempat diselidiki oleh pemerintah junta militer Brasil karena disangka terlibat pada pergerakan politik sayap kiri di Brasil. Pada 2013, Pele juga sempat dikritik oleh banyak orang di Brasil karena pandangan konservatifnya. 

Sedangkan soal kehidupan pribadi, Pele diketahui telah menikah sebanyak 4 kali. Istri pertamanya ialah Rosemeri Cholbi, lalu ada nama Assiria Lemos, serta Marcia Aoki dan terakhir dengan model asal Brasil, Xuxa. 1 dari 6 anak Pele yang bernama Edinho sempat berprofesi sebagai pesepakbola namun sayang memiliki karier yang jeblok. 
Share on Google Plus

About P I

“Semua yg terjadi di bawah kolong langit, adalah urusan setiap orang yg berpikir” -PAT-
    Blogger Comment
    Facebook Comment