Mino Raiola, Super Agen Pesepakbola yang Awalnya Gagal Jadi Pesepakbola

Mino Raiola, pria gemuk yang suka mondar-mandir ke seluruh Eropa mengurusi para pemain hebat yang menjadi kliennya. Lebih sering berpakaian santai dengan sweaternya atau kemeja polos, Raiola saat ini menjelma telah menjadi agen pesepakbola yang kontroversial.

Dikutip dari football-italia.net (15/03/18) Raiola lahir di Salerno, negara bagian Italia Selatan pada tahun 1967 silam, Raiola pindah bersama keluarganya ke Haarlem, Belanda. Tumbuh di Belanda, ayahnya berhasil memiliki restoran pizza yang terkenal, di mana Raiola sendiri menjadi pelayan di restoran tersebut.

Di waktu bersamaan sambil bekerja sebagai pelayan, Raiola juga menyelesaikan perguruan diploma jurusan hukum selama dua tahun. Sosok cerdas sudah terlihat saat dirinya lulus kuliah, dengan tujuh bahasa (Italia, Inggris, Jerman, Spanyol, Prancis, Portugal dan Belanda) dapat dikuasainya.


Dinukil dari independent.co.uk (15/03/18) Raiola ternyata sempat bermain sepakbola untuk tim akademik HFC Haarlem, dia berhenti bermain pada usia 18 tahun untuk menjadi Direktur Tim Akademik. Saat itulah Raiola mulai terlibat dalam sepakbola dan juga mulai bekerja untuk sebuah perusahaan agensi olahraga.

Saat bekerja di perusahaan agensi tersebut, Raiola sudah terlibat dalam beberapa transfer pemain hebat asal Belanda, seperti Dennis Bergkamp dari Ajax ke Inter Milan pada tahun 1993 silam. 

Selang beberapa tahun, dia keluar dari perusahaan agensi tersebut dan mulai membuka perusahaan agensi miliknya sendiri. Sebelum berusia 20 tahun, Raiola pun sudah menjadi jutawan karena memiliki perusahaan agensi sendiri dan juga meniti karier sebagai pengusaha properti.

Sebagai agen sepakbola, transfer besar pertama yang diurus oleh Raiola adalah kepindahan Pavel Nedved yang bergabung ke Lazio dari Sparta Prague pada 1996 silam. Lima tahun kemudian dilansir dari thesun.co.uk, Nedved kembali pindah ke Juventus dengan kesepakatan yang cukup tinggi, sebesar 25 juta pounds. Transfer ini juga diurusi oleh Raiola.

Namanya semakin dikenal di dunia sepakbola Eropa saat dirinya menjadi agen Zlatan Ibrahimovic sejak tahun 2003 silam. Baru setahun bersama Raiola, Ibrahimovic pun berhasil melangkah ke klub yang lebih besar saat meninggalkan Ajax untuk gabung ke Juventus.

Raiola terkenal sebagai agen kontroversial karena para pemain yang ditangani olehnya juga tak kalah kontroversialnya. Bahkan, Pogba yang pindah ke MU dengan nilai transfer sebesar 105 juta pounds juga sudah ditangani olehnya.

Saat ini, salah satu kliennya yang diprediksi bakal segera hengkang dan akan membuat rekor harga terbaru adalah kiper Milan, Gianluigi Donnarumma. Kita lihat saja aksi yang ditunjukkan Raiola untuk meraup untung sebesar mungkin dari transfer Donnarumma ini.
Share on Google Plus

About P I

“Semua yg terjadi di bawah kolong langit, adalah urusan setiap orang yg berpikir” -PAT-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 Comments:

Post a Comment