Mengenal 3 Masjid Terbesar dan Bersejarah di Kota Penyelenggara Piala Dunia 2018

Masjid Tatar 

Masjid Tatar atau yang biasa orang Rusia sebut Moscow Cathedral Mosque merupakan masjid yang cukup terkenal di Rusia. Masjid ini sendiri dibangun pada 1914 dan pada 2015 dilakukan renovasi total. Pada 2008 masjid ini kemudian diakui oleh pemerintah Rusia sebagai salah satu objek budaya. 

Yang menarik pada pada awal renovasi sempat terjadi insiden yakni melencengnya beberapa derajat arah kiblat di mimbar Imam masjid. Menurut sejarah pada 1978, masjid ini sempat dihancurkan oleh pemerintah komunis Rusia karena dianggap sebagai tempat berkumpulnya orang yang menentang rezim komunis. 

Kota Moskow sendiri seperti dikutip dari fifa.com (04/06/18) menjadi salah satu tempat berlangsungnya sejumlah pertandingan penyisihan grup Piala Dunia dan menjadi tempat laga final yang bakal berlangsung di Stadion Luzhniki Stadium yang berjarak hanya sekitar 11,2 km atau 20 menit menggunakan kendaraan roda empat. 

Masjid Saint Petersburg 

Selanjutnya ada Masjid Saint Petersburg yang terletak di kota Saint Petersburg, Rusia. Dikutip dari atlasobscura.com (04/06/18) masjid ini sudah dibangun sejak 1913 silam dan juga tercatat sebagai masjid terbesar di Eropa di luar Turki. Di Masjid Saint Petersburg terdapat menara setinggi 49 meter dan kubah dengan diameter 39 meter. 

Masjid Saint Petersburg tercatat mampu menampung 5000 jamaah. Pendirian masjid ini tercatat pada 1910, di mana saat itu kota Saint Petersburg masih berada di kekuasaan salah satu tokoh Muslim, Abdul Ahat Khan dari Bukhara. Pada 1921 seorang arsitek asal Rusia, Nikolai Vasilyev merenovasi masjid dan sampai saat ini belum dilakukan renovasi kembali. 


Kota Saint Petersburg sendiri seperti dikutip dari fifa.com (04/06/18) menjadi tempat untuk pertandingan Piala Dunia diantaranya, laga tuan rumah Rusia vs Mesir dari grup A, pertandingan Moroko vs Iran dari grup B, pertandingan grup D antara Nigeria vs Argentina, laga grup E antara Brasil vs Kosta Rika, babak 16 besar antara jura grup F melawan runner up grup E, babak semifinal, dan laga perembutan tempat ketiga. 

Masjid Qolsarif 

Masjid Qolsarif  merupakan salah satu masjid yang berada di kota penyelenggaraan Piala Dunia 2018, Kazan. Dikutip dari atlasobscura.com (04/06/18), masjid Qolsarif merupakan salah satu masjid terbesar di Rusia dan Eropa. Orang Rusia menyebut masjid ini Kul Sharif. 

Masjid ini sendiri dibangun sejak abad ke-16. Nama masjid ini sendiri diambil dari nama salah satu tokoh muslim asli Kazan, Qol Sharif yang hidup pada era 1552-an. Masjid ini sendiri berkapasitas 6000 orang. Masjid Qolsarif pada 2005 direnovasi dengan bantuan dari sejumlah negara Arab sendiri Arab Saudi dan Uni Emirat Arab. 

Kazan sendiri seperti dikutip dari fifa.com (04/06/18) dijadwalkan akan menggelar sejumlah pertandingan Piala Dunia 2018 diantaranya, pertandingan grup B antara Iran vs Spanyol, laga grup C antara Prancis vs Australia, laga grup F antara Korsel vs Jerman, pertandiingan grup H antara Polandia vs Kolombia, serta pertandingan babak 16 besar antara juara grup C melawan runner up grup D dan babak perempatfinal. 
Share on Google Plus

About P I

“Semua yg terjadi di bawah kolong langit, adalah urusan setiap orang yg berpikir” -PAT-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 Comments:

Post a Comment