Derita Sepakbola Kongo, Hancur Lebur karena Konflik Berkepanjangan

Republik Demokraik Kongo merupakan salah satu negara di Afrika yang hancur lebur karena konflik berdarah yang tak berkesudahan. Sejak 1997 silam data dari un.org (28/03/18) sejak 1997 silam hingga 2012 lalu tercatat 8 juta orang meninggal dunia akibat peperangan dan konflik antar suku yang dilatarbelakangi masalah sosial politik.

Perdamaian dan persatuan jadi hal yang sangat asing untuk orang Kongo. Kondisi inilah yang kemudian membuat banyak orang Kongo yang memilih melarikan diri dari tanah airnya mencari tempat yang lebih baik seperti di Eropa.


Padahal sebelum konflik, Kongo merupakan negara yang cukup disegani di Afrika. Timnas Kongo bahkan memiliki reputasi mengkilat dengan mampu jadi juara Piala Afrika pada 1968 dan 1974. Kongo bahkan jadi tim Afrika dari kawasan Sahara yang mampu lolos ke Piala Dunia.

Sayang cerita tentang kejayaan sepakbola Kongo kini tinggal sejarah semata. Dikutip dari punditarena.com (28/03/18) Kongo kini jadi negara yang hanya bisa menyaksikan para generasinya bermain di luar negeri membawa nama negara lain.

Ya, sejumlah pemain top Eropa saat ini ternyata memiliki darah Kongo. Bahkan jika dikumpulkan Kongo memiliki starting line up terbaik yang bisa saja membuat negara ini jadi juara Piala Dunia.

Dari kiper misalnya ada nama Steve Mandanda, kiper yang saat ini bermain untuk Marseille dan menjadi salah satu kiper langganan Timnas Prancis. Untuk bek, Kongo memiliki nama-nama pemain seperti Anthony Vanden Borre, Jose Bosingwa, Vincent Kompany hingga Steven N'Zonzi.

Sedangkan untuk gelandang, ada nama seperti Rio Mavuba, Claude Makelele, hingga Gael Kakuta. Untuk lini depan, dua penyerang Liga Inggris Romelu Lukaku dan Christian Benteke juga diketahui memiliki darah Kongo. Terakhir ada nama striker Aston Villa, Charles N’Zogbia.

Perang memang pada akhirnya hanya membuat Kongo kini menderita dan merelakan bakat terbaiknya bermain untuk negara lain. Jangan salahkan keluarga Vincent Kompany, Romelu Lukaku atau Makalele yang memutuskan hijrah dari Kongo di kondisi negara menakutkan seperti itu.

Starting line up Kongo:

Kiper: Steve Mandanda

Bek: Jose Bosingwa, Vincent Kompany, Eliaquim Mangala, Jason Denayer

Gelandang: Steven N’Zonzi, Blaise Matuidi, Claude Makelele,

Striker: Mitchy Batchuayi, Christian Benteke, Romelu Lukaku
Share on Google Plus

About P I

“Semua yg terjadi di bawah kolong langit, adalah urusan setiap orang yg berpikir” -PAT-
    Blogger Comment
    Facebook Comment