Chilavert, Kiper Ganas yang Cetak 8 Gol Sepanjang Karier di Babak Kualifikasi Piala Dunia


Siapa kiper yang paling produktif mencetak gol? Pilihannya cukup sedikit memang. Lalu jika ada pertanyaan siapa kiper yang begitu ganas mencetak gol di babak kualifikasi Piala Dunia? Jawabannya tentu saja mengarah kepada kiper berjuluk bulldog asal Paraguay, Jose Luis Chilavert. 

Nama Chilavert begitu menyeramkan tidak hanya bagi striker lawan yang kesulitan untuk membobol gawang yang dijaganya namun juga bagi bek dan kiper lawan yang harus siap menerima skillnya mencetak gol dari eksekusi bola mati. 

Ya, Chilavert ialah kiper yang doyan mencetak gol. Dikutip dari fifa.com (31/05/18) Chilavert mencetak gol pertamanya untuk Timnas Paraguay di babak kualifikasi Piala Dunia pada 27 Agustus 1989 pada babak kualifikasi zona Conmebol Piala Dunia 1990 saat Paraguay bertemu Kolombia. 

4 tahun kemudian saat Paraguay bertemu Peru di babak kualifikasi zona Conmebol Piala Dunia 1994, Chilavert kembali mencetak gol. Dilanjutkan di  babak kualifikasi zona Conmebol Piala Dunia 1998 saat bertemu Argentina, serta 4 gol lagi dicetaknya saat bertemu Kolombia, Peru, Bolivia, dan Argentina di  babak kualifikasi zona Conmebol Piala Dunia 2002. 


Ketajaman dan kepiawaiannya di babak kualifikasi zona Conmebol Piala Dunia 2002 berlanjut saat Paraguya satu grup dengan Spanyol, Afrika Selatan, dan Slovenia di Grup B. Chilavert mampu membawa negaranya lolos sebagai runner up grup dan melenggang ke babak 16 besar. 

Sayang Paraguay harus bertemu Jerman di babak 16 besar. Setelah mampu menahan imbang Jerman hinga menit akhir babak kedua, Chilavert yang berharap bakal terjadi adu penalti harus menelan pil pahit setelah pada menit ke-88, striker Jerman Oliver Neuville membobol gawangnya. Paraguay pun harus angkat koper. 

Setahun kemudian, Chilevert lalu mengumumkan ke publik bahwa ia pensiun dari sepakbola. Torehan 46 gol sebagai kiper klub dan 8 gol sebagai kiper Timnas Paraguay bisa dibilang sebagai torehan prestasi tersendiri untuk kiper yang sempat alami insiden dengan Roberto Carlos. 

Share on Google Plus

About P I

“Semua yg terjadi di bawah kolong langit, adalah urusan setiap orang yg berpikir” -PAT-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 Comments:

Post a Comment