Brescia, 'Panti Jompo' untuk Pemain Bintang yang Sudah Mulai Lapuk

Berdiri 107 tahun silam, Brescia Calcio merupakan klub Italia yang pada era 90-an dan awal 2000-an memiliki rekam jejak yang cukup bagus. Pada musim 2000/01 misalnya, Brescia seperti dikutip dari data legaseriea.it (12/04/18) sukses meringsek ke papan tengah dan menduduki peringkat ke-8 di akhir musim. 

Prestasi Brescia kala itu tentu tak lepas dari tangan dingin pelatih veteran mereka, Carlo Mazzone. Selain itu, Brescia kala itu diisi percampuran pemain tua dan pemain muda. Di sana kala itu ada nama-nama pemain senior seperti Roberto Baggio, Dario Hubner, Pavel Srnicek. Sedangkan untuk para pemain mudanya ada nama seperti Andrea Pirlo. 


Yang unik dari klub ini, Brescia acapkali jadi tempat untuk para pemain bintang yang sudah menua dan mulai lapuk di karier mereka. Seperti tersebut di atas, Brescia sempat diperkuat oleh Roberto Baggio, mantan bintang Juventus dan Italia yang memutuskan berkarier di Brescia di masa tuanya. 

Selain Baggio, ada juga nama kiper Timnas Ceko yang sempat jadi bintang di Liga Inggris bersama Newscatle United, Pavel Srnícek. Selain dua nama tersebut, Pep Guardiola pun memutuskan untuk hijrah ke Italia di sisa-sisa masa keemasannya sebagai gelandang brilian bersama Barcelona. 

Dikutip dari  inbedwithmaradona.com (12/04/18) pasca alami cedera berkepanjangan pada 2001, Pep memutuskan pindah ke Brescia. Sejumlah pihak menyebut bahwa Pep terdampar karena pihak Barcelona kala itu seperti melepasnya begitu saja pasca memutuskan untuk cuti panjang. Apalagi kemudian transfer Pep bernilai kecil, Pep ke Brescia semata bukan untuk mencari uang.

Selain Pep, ada juga mantan bintang Barcelona lain yang sempat memperkuat Brescia yakni Gheorghe Hagi. Maradona dari Carpathian tersebut bermain untuk Brescia pada 1992 hingga 1994. Selain Hagi, ada juga mantan gelandang Manchester United, Quinton Fortune yang datang membela Brescia pada 2008 dan hanya 1 kali bermain. 

Lalu ada juga nama eks striker AS Roma, Marco Delvecchio yang membela Brescia pada 2005 dan bermain hanya 5 kali. Ada juga nama Luigi Di Biagio, mantan bintang Inter Milan, Francisco Lima, mantan gelandang asal Brasil yang antarkan AS Roma raih scudetto, dan ada juga mantan bek tangguh Juventus asal Prancis, Jonathan Zebina.
Share on Google Plus

About P I

“Semua yg terjadi di bawah kolong langit, adalah urusan setiap orang yg berpikir” -PAT-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 Comments:

Post a Comment