3 Kampung Halaman Pesepakbola Muslim Top Eropa, Ada Kampung Mohamed Salah

Gelsenkirchen

Terletak 74 km dari utara Koln, Gelsenkirchen merupakan kampung halaman dari pemain Arsenal beragama Islam, Mesut Ozil. Bagi pecinta klub Bundesliga, kota ini dikenal dengan klub sepakbolanya, Schalke 04, klub pertama Mesut Ozil memulai kariernya di sepakbola. 

Atmosfer sepakbola memang cukup kental di kota ini. Tak mengherankan jika kemudian kota ini seperti dikutip dari fifa.com (08/06/18) pada Piala Dunia 2016 menjadi salah satu kota penyelenggaranya. Ozil sendiri lahir pada 15 Oktober 1988, sedangkan keluarga Ozil sendiri dari kakek neneknya sudah tinggal di dekat kota Gelsenkirchen, tepatnya di Zonguldak sudah cukup lama. 

Kota Gelsenkirchen sendiri dikenal oleh publik Jerman sebagai salah satu tempat yang mayoritas penduduknya memang berasal dari imigran Turki. Yang menarik dari kota ini ialah salah satu tamannya yakni Nordsternpark yang dikenal sebagai taman terbesar di Jerman. 

Boulogne-sur-Mer

Selanjutnya ada kampung halaman dari pemain Bayern Munchen, Franck Ribery, Boulogne-sur-Mer. Boulogne-sur-Mer terlerak di utara Prancis. Bagi wisatawan yang hilir mudik ke Prancis, kota ini dikenal dengan objek wisatanya yang cukup banyak. 

Dikutip dari tripadvisor.com (08/06/18) kota ini memiliki landmark pemandangan kota di Prancis era kuno seperti situs purbalaka yang dikenal oleh banyak wisatawan yakni La Crypte de Notre Dame. Selain itu badan dunia PBB juga menobatkan kota pelabuhan ini sebagai salah satu tempat yang memiliki cagar budaya yang harus dilindungi yakni lonceng tua yang menggantung di tengah kota. 

Selain dengan objek wisatanya yang cukup dikenal, kota ini juga cukup familiar di telinga orang Prancis karena merupakan kampung halaman Ribery. Ribery sendiri lahir di kota ini pada 07 April 1983, sebagai kota pelabuhan kampung halaman Ribery juga dikenal sebagai pusatnya sejumlah imigran yang berasal dari Arab, Timur Tengah, dan Afrika. Tak mengherankan jika kota ini juga memiliki masjid terbesar yakni Salle de priere. 

Nagrig

Nagrig mulai dikenal oleh banyak orang setelah putra daerah kelahiran kota tersebut meraih kejayaan pada musim ini bersama Liverpool di Liga Inggris, siapa lagi kalau bukan Mohamed Salah. Nagrig merupakan salah satu kota yang masuk di wilayah Gharbia (di Indonesia, Gharbia setara dengan salah satu provinsi). 

Kota ini sebenarnya tidak sebelum Salah terkenal bukanlah kota yang memiliki keunggulan, kota ini hanya menggantung perekonomian dari industri tekstil dan penanaman kapas. Namun menariknya seperti dikutip dari tripadvisor.com (08/06/18) Nagrib pada abad ke 15 digambarkan sebagai desa yang sangat subur dan makmur. 


Meski dikenal bukan sebagai wilayah yang maju, lambat laun kota ini mulai berkembang. Apalagi seorang Mohamed Salah pun tak lupa kampung halamannya. Salah acapkali memberikan bantuan kepada pembangunan kampung halamannya tersebut, seperti sumbangan Salah untuk pembangunan rumah sakit di kota ini. 
Share on Google Plus

About P I

“Semua yg terjadi di bawah kolong langit, adalah urusan setiap orang yg berpikir” -PAT-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 Comments:

Post a Comment