Kisah Pelatih Berdarah Indonesia Jebolan Bundesliga yang Kini Melatih di Inggris - Pria Ibra

Breaking

Jasa Pembuatan Artikel

priaibra.com

Thursday, June 7, 2018

Kisah Pelatih Berdarah Indonesia Jebolan Bundesliga yang Kini Melatih di Inggris

Pernahkah Anda mendengar nama Jos Luhukay? Nama ini memang terdengar asing bagi pecinta sepakbola. Sebagai seorang pemain Jos berkarier di era 80 hingga 90-an. Klub yang dibelanya pun tak ada yang memiliki nama besar, mungkin nama RKC Waalwijk yang tidak terlalu asing didengar. 

Setelah memutuskan untuk gantung sepatu, Jos kemudian menjadi pelatih. SV Straelen jadi pelatih pertamanya. Pada 2002 seperti dikutip dari transfermarkt.com (05/02/18), Jos merantau ke Jerman dan menjadi asisten pelatih di FC Koln. Setahun kemudian ia diangkat menjadi caretaker. 

Pada musim 2012/15, ia kemudian direkrut untuk melatih salah satu tim kuat Bundesliga, Hertha Berlin dan pada 2016 ia diangkat jadi pelatih VFB Stuttgart. Setahun menganggur, Jos direkrut oleh salah satu peserta Divisi Champhionship Inggris, Sheffield Wednesday. 


Siapa Jos dan apa istimewanya hingga perlu diangkat? Jos ternyata satu dari sekian banyak pelatih dan pemain berdarah Indonesia yang ada di Belanda. Bagi orang Ambon tentu tak asing dengan nama Luhukay. Dikutip dari mollucastimes.com (05/02/18) Luhukay ialah salah satu marga atau fam yang ada di Maluku, Indonesia. 

Karier Jos di Sheffield memang anyar. Ia baru direkrut pada awal musim ini. Dikutip dari express.co.uk (05/02/18), Jos memiliki kemampuan pelatih yang cukup mumpuni untuk bersaing di kompetisi kasta kedua Liga Inggris. Sayang di musim perdananya ini, Jos belum terlalu bersilau bersama Sheffiled. 

Dikutip dari data soccerway.com (05/02/18) Sheffield tercecer di peringkat ke-17. Pada akhir pekan lalu, Sheffield harus kalah telak 1-3 dari Birmingham City. Dari 5 laga terakhir, Jos hanya mampu meraih 2 kali kemenangan, 1 2 kali imbang, dan 1 kali kalah.